Pages

Kamis, 09 Juni 2011

8 faktor yang membuat orang selalu merasa kantuk sepanjang hari

Anda sudah tidur berjam-jam tapi masih terasa ngantuk? Waspadai adanya penyakit di dalam tubuh.
Rasa kantuk merupakan tanda yang diberikan tubuh agar orang beristirahat, yang biasanya datang di malam hari atau saat merasa lelah. berikut adalah 8 faktor yang membuat orang selalu merasa kantuk sepanjang hari:

1. Anemia (kurang darah)
Anemia merupakan penyebab utama datangnya rasa kantuk. Anemia menyebabkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang membawa oksigen ke jaringan dan organ tubuh pun berkurang, sehingga menyebabkan orang sering mengantuk.

2. Sindrom kelelahan kronis
untuk sindrom kelelahan kronis, lelah lama hilang dan biasanya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot dan dalam beberapa kasus terjadi hilangnya memori.

3. Dehidrasi
Kelelahan dan kantuk bisa karena dehidrasi. Cukupi kebutuhan air dalam tubuh agar selalu segar dan bersemangat.

4. Depresi
Kelelahan, selalu mengantuk, sakit kepala dan kehilangan nafsu makan adalah gejala yang palingsering dirasakan pada orang yang mengalami depresi.

5. Hipotiroid (menurunnya produksi hormon tiroid)
Tiroid adalah kelenjar kecil di dasar leher, yang berfungsi mengontrol metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi energi. Ketika kelenjar kurang aktif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, orang bisa merasa badan lesu dan selalu mengantuk.

6. Penyakit jantung
Selalu mengantuk bisa jadi pertanda awal penyakit jantung.

7. Diabetes
Glukosa adalah bahan bakar dari energi yang dilepaskan dalam sel-sel karena oksigen. Orang dengan diabetes tipe-2 memiliki tingkat glukosa darah yang tinggi, karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa ini untuk menghasilkan energi. Oleh karena itu, individu dengan diabetes tipe-2 merasa lelah dan mengantuk sepanjang waktu.

8. Gangguan tidur
Gangguan tidur seperti sleep apnea dan insomnia juga dapat menyebabkan lelah dan kantuk terus-menerus yang dikarenakan sistem pernapasan terhambat.


http://www.tdwclub.com/health/8-penyebab-mengantuk-walaupun-sudah-tidur-lama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar